Agama-nya Yesus?

Urantia Book setebal 2000 halaman itu sederhana sekali karena menganjurkan orang lebih mempelajari AGAMANYA YESUS. 

Nah, masalahnya, agama apa ini?

Agama Yesus adalah agama pengalaman hidup manusia Yesus itu sendiri. http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-196-faith-jesus
Agama Yesus adalah agama-NYA  (agama yang dianut oleh) Yesus, bukan yang didefinisikan oleh orang lain setelahnya. Agama inilah yang membuat manusia Yesus ini menjadi contoh hidup, mati dan bangkit setelah mati. Inilah bukti dan alasan mengapa Agamanya Yesus itu perlu dipelajari dan diketahui semua orang.




Hidup manusia itu sangat kaya, sehingga Urantia Book menyediakan 700 halaman khusus mengenai riwayat hidup Yesus untuk diteladani semua orang dari agama dan suku manapun! Anda tidak akan menyangka Yesus pernah mengalami begitu banyak pengalaman hidup dari yang paling bahagia hingga yang paling sedih dan hina dan akhirnya kembali paling mulia!

Apa itu yang disebut AGAMA?
http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-101-real-nature-religion
http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-100-religion-in-human-experience
Kajian ini menarik, dan akan dibahas pada artikel khusus.

Apa Ajaran Agama Yesus?

Sewaktu di dunia, Yesus mengajarkan dua hal utama yang sederhana berikut ini:
1. Percaya Tuhan atau Allah (God) di Sorga (Firdaus, Paradise) yang disebut Bapa karena Dia penuh kasih. Istilah paling ideal untuk menyebut Tuhan adalah sebagai Bapak karena paling sesuai dengan konsep yang dipahami manusia. 
2. Percaya bahwa kita manusia adalah anak-anak Tuhan yang Pengasih dan Penyayang, kita semua adalah saudara, sehingga marilah kita saling mengasihi sesama kita.


Praktek Agama Yesus:

Yesus itu hidup sesuai dengan petunjuk ROH yang telah tinggal dalam hatinya dan dalam setiap kita. 
Roh itu berasal dari Bapa yang tinggal dalam hati manusia sering disalah-artikan sebagai hati nurani atau higher-self. Bukan, Roh itu nyata, tinggal di dalam kita, Ia sering bicara dari dalam, dari batas atas kesadaran (atas-sadar), bukan bawah-sadar, dan suaranya muncul dalam pikiran kita. 

Untuk membedakan dari Bapa Semesta, Roh itu disebut dalam Urantia Book sebagai Thought Adjuster (Penyesuai Pikiran atau Roh Percikan/Pecahan Ilahi).

Bagaimana Lembaga Agama Urantia/Yesus ?

Dalam agama yang dijalankan Yesus, ibadah adalah komunikasi terus menerus dengan Roh yang ada dalam hati. Agamanya Yesus adalah agama hidup. Tidak perlu ada bentuk khusus organisasi, lembaga, perayaan atau upacara khusus. Tiap kelompok dan orang bisa mengatur sendiri bentuk ibadah atau ritualnya sesuai dengan ibadah agamanya masing-masing.

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan di dunia. Bisnis, seni, olahraga, karir, pengetahuan, kesehatan, sosial kemasyarakatan, pergaulan, internet, ........
Dengan demikian, agama tidak perlu ijin pemerintah dan tidak perlu dicap ajaran sesat kemudian dikejar-kejar dan menimbulkan keributan. Agamanya Yesus bisa diterapkan sambil tetap menganut agama manapun. Kita masih bisa agama tertentu, namun dalam hati kita taat pada Yang Didalam, percaya Tuhan itu Pengasih dan Penyayang, dan kita adalah anak-anak Tuhan. 

Ilmu Agama sebaiknya dipelajari secara mendalam dalam sekolah-sekolah filsafat, bukan dalam sekolah agama secara khusus. Agama menjadi milik umat manusia keseluruhan dan agama itu bersifat spiritual. Sekolah filsafat yang membahas agama secara ilmiah untuk semua orang.

Apa Yang Ditentang oleh Agama Yesus?

Agama Yesus menentang politikisasi, komersialisasi, dan pelembagaan agama berlebihan, apalagi sehingga menjadi agama negara yang berkuasa dengan doktrin dan aturan yang ketat. Lebih jahat lagi jika menjadi satu lembaga agama-politik-ekonomi dunia yang menjajah semua orang. Agama juga tidak boleh ditentukan oleh beberapa tokoh manusia yang kharismatis dan sangat berkuasa. 

Agama harus menjadi milik pribadi, karena pengalaman setiap orang berbeda-beda. Pengalaman rohaniah adalah milik sah dan nyata.   

Urantia Book hanyalah buku pengetahuan, bukan kitab suci. 

Para Malaikat penulisnya juga masih bisa keliru, sebab yang paling tahu adalah yang mengalami sendiri, dan tidak ada yang lebih berpengalaman kecuali Tuhan.


Apakah ajaran ini merupakan sebuah sekte sesat (cult) dari Kristen atau akal orang Kristen untuk menghancurkan Islam ? 

Tidak.  Ajaran Urantia Book bukan sekte (cult) dari Kristen!  


Apakah Urantia Book beda dengan sekte Saksi Yehovah atau Mormon atau Advent?  Tidak. 
  • Saksi Yehovah mengajarkan Yehovah, Yesus mengajarkan Bapa.
  • Urantia Book sama sekali bukan dari Mormon. 
  • Urantia Book juga tidak ada kaitannya dengan Gereja Advent Hari Ketujuh 
  • Urantia Book tidak berasal dari sekte Kristen manapun. 

Manusia akan merasa at home, betah di dunia, mencari pengalaman kehidupan dan mencapai keilahian. Seperti Yesus. Manusia akan merasa menjadi anggota alam semesta. Satu persaudaraan global dan semesta sesama saudara anak-anak Tuhan. Persaudaraan spiritual, dipersatukan bukan oleh sistem agama ekonomi politik tetapi dipersatukan oleh ROH. 

Detil lebih lanjut ada di paper terakhir Buku Urantia 
The Faith of Jesus http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-196-faith-jesus
atau membaca analisis berbagai kondisi keagamaan sekarang di 
http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-195-after-pentecost



No comments:

Post a Comment