Yesus atau Isa Menurut Buku Urantia

Selain mengenai Tuhan dan alam semesta, Buku Urantia menjelaskan tokoh sentralnya tentang Yesus atau Isa alMasih, Putera Pencipta (Creator Son) alam semesta kita, yang menjelma (inkarnasi) ke bumi, 2000 tahun yang lalu.
Informasi yang disampaikan buku ini mungkin ada yang terasa asing dan sangat banyak, namun Buku Urantia ini sistematis dari paper pertama hingga terakhir, bisa dicross check dengan bantuan komputer sehingga tiap informasi ada cerita lebih detil, latar belakang dan maknanya masing2. Ini buku seperti buku ensiklopedi singkat, tentang alam semesta dan manusia.

Darimana referensi yang saya tulis ini, lihat daftar paper lihat di http://mercy.urantia.org/papers/ atau http://www.urantia.org/en/urantia-book/read


Yesus adalah penjelmaan dari Michael (paper 119-120). Michael adalah bukan malaikat, ia adalah dari golongan  Putera Pencipta. Para Pencipta yang turun dari Surga yang abadi dan memulai petualangan di alam semesta ruang dan waktu, disebut alam semesta lokal. Michael yang memulai alam semesta lokal tempat kita ada saat ini. Ia adalah Bapak dan Pencipta kita.

PemerintahanNya tersusun sebagai berikut (disederhanakan dari uraian Urantia Book) :

Nama alam semesta kita adalah Nebadon, berada dalam alam semesta super ketujuh Orvonton. Nebadon memiliki sekitar 10 juta planet yang ada penduduknya. Michael dari Nebadon adalah Putera Pencipta ke 611.121. Dia adalah konsep Bapa dan Putera nomor 611.121, dan bisa disebut Anak Tunggal Bapa, karena tidak ada yang menyamai Dia. Saat ini ada sekitar 700.000 Putera Pencipta, masing-masing dengan wilayah sendiri. Di alam semesta ini ada trilyunan bintang, bahkan lebih. Betapa besarnya alam semesta dapat kita cocokkan secara ilmiah dari penjelasan para astronom. Buku Urantia mengatakan, baru sekitar 7 trilyun yang ada penduduknya.
- Michael berangkat dari Sorga dan memulai petualangan alam semesta di alam semesta Nebadon kira-kira 400 milyar tahun yang lalu. Bersama Dia adalah pasangannya, Mother Spirit (bisa disebut sebagai Roh Kudus, keturunan Roh Infinit atau pribadi ketiga Trinitas). Jadi Michael itu anak dari Bapa+Putera, pribadi pertama dan kedua Tuhan, Mother Spirit itu keturunan dari Roh Infinit, pribadi ketiga Tuhan. 
- Dalam mengelola alam semesta, Mikhael memberi konsep dan polanya, lalu Roh Kudus yang kemudian membangunnya. Alam semesta kita susunannya adalah ganda (Surga karena dibuat oleh tiga pribadi maka berdimensi tiga). Contohnya antara lain pada susunan kimia fisika materi. Misalnya kita kenal hanya ada dua fase gelombang: positif dan negatif, kemudian susunan proton atom maksimum adalah 10 pangkat dua, jika atom memiliki proton lebih dari 100, akan tidak stabil, demikian seterusnya.

Mikhael adalah bukan Putera Kekal (Eternal Son), pribadi kedua Trinitas yang eksistensial (yang telah ada dari semula dan tinggal di Sorga selama-lamanya dan tidak pernah pergi dari sana sebab Ia menjadi pusat dari alam semesta). Mikhael adalah eksperiensial, dipengaruhi ruang dan waktu, ber-evolusi, mengalami pengalaman baru, sebagaimana manusia dan semua makhluk dalam alam ruang dan waktu.  Dia adalah putera dari Bapa Semesta dan Putera Kekal, pribadi pertama dan kedua Trinitas.

Susunan pemerintahan Michael adalah sebagai berikut (paper 35-37):
- Perdana menteri, eksekutif kepala adalah Gabriel atau Jibril. Putera sulung Michael. Tidak heran ketika Yesus (Sang Presiden) akan datang di bumi, yang mengumumkan adalah Sang Perdana Menteri sendiri, Gabriel.
- Kelompok Melkizedek (para utusan serba bisa, dan sering ditugaskan untuk urusan-urusan darurat dalam pemerintahan planet-planet. Salah satunya adalh Melkizedek Machiventa yang pernah berinkarnasi di bumi dan menjadi Raja Salem, yang mengadakan perjanjian dengan Abraham/Ibrahim (ceritanya diuraikan dalam seluruh paper 93).
- Vorondadek, adalah para kepala konstelasi (paper 43), bisa dibilang semacam "gubernur propinsi" dalam sebuah negara. Seorang Vorondadek memerintah setidaknya seratus ribu bintang, sebab satu alam semesta lokal terdiri dari 100 konstelasi.
- Lanonandek, adalah para eksekutif "bupati" sistem lokal. Sistem lokal kita terdiri lebih dari 500 planet yang didiami. Nama sistem lokal kita adalah Satania (Ini nama lokasi, dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan nama Satan atau Setan). Dulu, kepala Satania adalah Lucifer, yang asistennya kebetulan bersama Satan, mereka memberontak melawan kekuasaan Michael. Kenapa Bumi ikut dalam pemberontakan itu? karena kepalanya Planet Bumi  (bernama Caligastia dan sebagian para asistennya) ikut pemberontakan Lucifer dan Satan itu. Ada sekitar 36 planet ikut memberontak. Kedatangan Yesus di bumi bertujuan antara lain mengakhiri pemberontakan ini. Yesus mengatakan Satan dilempar dari atas, kemudian pada bagian lain, ia katakan Penguasa Bumi sudah dikalahkan. Lucifer dan Satan sekarang sedang ditahan dan sidang dengar pendapat sedang dilakukan oleh Ancient of Days, penguasa alam semesta super Orvonton. Sebentar lagi, bila terbukti bersalah dan tidak mau bertobat, mereka akan dimusnahkan selama-lamanya. Ada lagi berita katanya hal ini sudah dilakukan. Lucifer sekarang sudah tidak ada, dan bumi memasuki masa "Koreksi" "Pemulihan" dan "Transisi" menuju akhir jaman sekarang dan awal jaman baru, dimana saat ini sistem-sistem sesat hasil pekerjaan Iblis dikoreksi, dan pembesar-pembesar politik antek Iblis turun tahta. Kalau kita melihat siapa yang turun tahta dan ajaran yang sedang banyak bermasalah, nah itu dia pengaruh Lucifer/Satan yang sedang dikoreksi. Lucifer dan Satan begitu pintar ia menggunakan banyak sistem, nama dan wajah. Ujung-ujungnya tetap sama yaitu kejahatan dan perbudakan manusia. 
Cerita pemberontakan Lucifer dan penyesatan yang dia lakukan dapat dibaca pada dua paper (paper 53 dan 54), karena dampaknya sangat luas. Baca ini baik-baik sebelum berkomentar bahwa Buku Urantia adalah buatan Satan atau Lucifer, atau bahwa Satania adalah nama setan.
- para Pembawa Kehidupan, Life Carrier, super dokter, super biologist, mereka yang membawa dan merancang kehidupan dan memeliharanya di sebuah planet sampai ber-evolusi menjadi manusia.
- para serafim, kerubim, sanobim. Inilah para malaikat keturunan Roh Kudus yang jumlahnya sangat banyak dan memiliki jumlah personil, tugas serta keunikan amat banyak (lihat paper 39 yang khusus membicarakan organisasi dan tugas serta takdir para malaikat).
- para Putera Material, golongan Adam dan Hawa, manusia bukan dari evolusi. Mereka adalah penduduk sistem lokal, yang dikirim ke planet2 untuk bercampur dengan manusia, memerintah bumi, dan meningkatkan tingkat evolusi ras manusia (paper 51, dan kejatuhan Adam-Hawa akibat bujukan Caligastia pada paper 74 dan 75).
- Para archangels atau malaikat-kepala, inilah para malaikat yang ditugaskan khusus untuk kebangkitan orang mati, "meniup sangkakala", dan urusan kenaikan manusia.
- Para Bintang Kejora (Evening Stars), para menteri yang melakukan berbagai tugas. - masih banyak lagi..... diuraikan dalam paper 37.

Cerita dalam UB jelas dan sistematis, tidak berupa perumpamaan atau kiasan yang perlu ditafsirkan macam-macam arti.

Yesus, setelah kebangkitan dan kenaikannya, mencurahkan Roh Kebenaran, yaitu rohNya sendiri pada umat manusia. Inkarnasi di bumi adalah inkarnasi yang ketujuh dan yang terakhir. Sebelumnya dia tidak berinkarnasi menjadi manusia tetapi sebagai makhluk ciptaan lain, antara lain sebagai Melkizedek, Lanonandek, seraphim, dll. Manusia di alam semesta adalah makhluk cerdas yang paling rendah derajatnya.

Urantia (bumi) amat beruntung karena terpilih dari 10 juta planet.

Inkarnasi seorang Pencipta dari Sorga adalah kewajiban dan syarat bagi seorang Putera Pencipta agar dia dianugerahi kekuasaan tanpa batas atas ciptaannya sendiri oleh Bapa Semesta. Sekarang Yesus digelari Master Son, Raja atas segala raja, Tuan di atas segala tuan dalam wilayah Nebadon yang mahaluas ini. Dia adalah perwakilan Bapa Semesta + Putera Kekal sekaligus. Kekuasaannya sekarang tanpa batas di alam semesta ciptaannya ini.

Yesus berjanji secara eksplisit bahwa Dia akan DATANG KEMBALI suatu kali. Entah kapan, tetapi tidak lama lagi. 

Cerita kehidupan Yesus dapat dibaca dalam lebih dari 700 halaman UB, paper 120-196.  lihat http://www.urantia.org/en/urantia-book/read

1 comment:

  1. Ha.ha...
    Seperti cerita fiksi ilmiah..

    Mgkn ada mahluk hidup lain dialam semesta ini,...

    ReplyDelete