THE URANTIA BOOK, sebuah perkenalan

Buku Urantia adalah buku pengetahuan agama dan filosofi untuk manusia modern. Nama Urantia adalah dari katalog alam semesta di atas sana, demikian para penulisnya menyebut planet Bumi. Selain Bumi masih ada milyaran planet lain yang berpenduduk, dan Bumi adalah satu anggota keluarga alam semesta yang dikelola dengan sangat baik. Buku ini buku pengetahuan untuk kita yang ingin belajar agama secara maju, memperluas wawasan keagamaan, kosmologi, dan spiritualitas.



Buku Urantia ditulis antara tahun 1934-1940, terbit pertama 1955, tetapi para penulisnya yang tercantum di buku itu semua mengaku bukan manusia. Tidak ada manusia yang mengaku menjadi penulis buku ini, meskipun buku ini nampaknya seperti monster, setebal 2000 halaman, bahasa Inggris, namun isinya sistematis dan komprehensif. Bahasanya tulisan populer, tidak dalam bentuk puisi atau sejenisnya. Pokok-pokok isinya sederhana.

Ada beberapa contoh yang akan saya sampaikan di sini sebagai gambaran:


Sebagai contoh: Tujuan buku ini adalah paper terakhir berjudul Faith of Jesus atau agama-NYA Yesus/Isa,  agama yang dianut oleh Isa sendiri, bukan berbagai ajaran orang lain TENTANG Yesus/Isa. Jadi kita tidak akan debat tentang pandangan kita Isa itu siapa, Tuhan atau Manusia, Trinitas, dll, tetapi apa contoh hidup yang dilakukan Isa yang bisa kita pakai untuk keberhasilan hidup kita hari ini. Selama ini kita ribut berdebat mengenai SIAPA itu Yesus dan akhirnya terpecah dalam kubu-kubu agama, tetapi maukah kita mempelajari dan meneladani bentuk agama yang dianut oleh Isa itu sendiri lalu menggunakannya untuk hidup kita apapun agama dan kepercayaan kita sekarang? Dengan itu kita tidak akan terpecah-belah menurut ajaran agama masing-masing.

Contoh lain, buku ini mendiskusikan bahwa puncak agama adalah kalau orang bisa berkomunikasi dan akhirnya menyatu dengan Roh Percikan Illahi yang sudah ada dalam diri kita sendiri! Jadi yang namanya Spiritual itu adalah upaya untuk kenal dan bergaul dengan Roh atau Spirit, dan buku ini menunjukkan siapa saja Roh-roh illahi yang perlu kita ketahui dan apa saja pekerjaan mereka. Dalam dunia yang begitu banyak perbedaan ini, maka menurut buku ini, satu-satunya pemersatu umat manusia adalah Roh.

Contoh lain lagi. Dalam beberapa bab pertama dibahas tentang sifat Tuhan secara detil, dan sungguh melegakan bahwa Tuhan pencipta trilyunan bintang ini adalah Tuhan yang absolut, beda dari manusia, tanpabatas, mahakuasa, mahatahu, namun sekaligus personal, baik, pengasih, penyayang, adil, dan indah. Tuhan itu demikian hebat dan rumit tidak terselami, tetapi juga demikian terjangkau oleh manusia, layaknya pergaulan person-to-person. Kalau orang percaya bahwa Tuhan itu personal, baik, pengasih, penyayang, adil, dan indah, tentu tidak ada lagi kekerasan, terorisme, kolonialisme, dan kejahatan atas nama agama, yang dilakukan orang yang mengira bahwa dengan demikian mereka akan masuk surga. .

Masih banyak sekali contoh lain yang menjelaskan betapa SEDERHANA dan LOGIS nya AGAMA itu. 


Kutipan dari Wikipedia: Buku Urantia (kadang-kadang disebut Urantia Papers atau wahyu skala-besar kelima) adalah sebuah buku rohani dan filsafat yang membahas Tuhan, ilmu pengetahuan, kosmologi, agama, sejarah, dan takdir manusia. Buku ini berasal dari Chicago, Illinois antara tahun 1924 dan 1955. 
Para penulis memperkenalkan kata "Urantia" sebagai nama dari planet bumi dan menyatakan bahwa niat mereka adalah untuk "memperluas konsep dan kebenaran" dalam sebuah "upaya untuk memperluas kesadaran kosmis dan meningkatkan persepsi rohani." Di antara topik lainnya, buku ini membabarkan tentang asal dan arti hidup, tempat manusia dalam alam semesta, hubungan antara Allah dan manusia, dan kehidupan Yesus. Urantia Foundation, sebuah kelompok nirlaba yang berbasis di AS, pertama kali menerbitkan Urantia Book pada tahun 1955 dalam bahasa Inggris dan telah diterjemahkan ke beberapa bahasa lainnya. 


Daftar isi buku Urantia ini secara singkat:
Bab 1 tentang Tuhan dan alam semesta seluruhnya. Struktur dan lokasi Surga (Paradise), serta alam semesta. Berbagai golongan personel penguasa, administrator, dan malaikat yang bekerja di alam semesta. Alam semesta total ini terbagi menjadi struktur-struktur yang lebih kecil lagi, alam semesta super dan alam semesta lokal.
Bab 2 tentang Alam Semesta Lokal tempat kita ada, struktur dan evolusi alam semesta dan planet2, dan berbagai riwayat yang pernah terjadi di luar angkasa, termasuk pemberontakan Lucifer.
Bab 3 tentang sejarah Bumi dan berbagai aspeknya, mulai dari evolusi, manusia pertama, perkembangan berbagai aspek ipoleksosbud planet ini, Adam dan Hawa, lalu asal usul berbagai kepercayaan dan agama serta perkembangannya. Ada banyak bagian membahas tentang asal-usul aneka kepercayaan. Diakhiri dengan bahasan mengenai puncak spiritual yaitu Roh yang tinggal dalam diri manusia, Inner Spirit, The Thought Adjuster.
Bab 4 mengenai kisah hidup Yesus atau Isa, secara detil mencakup "the lost years" yang tidak pernah dijumpai dalam tulisan lain, total riwayat Yesus sebanyak 700 halaman.

Urantia Book bisa didekati secara tematik, artinya kita cari solusi satu tema kecil saja, misalnya dengan search di UB versi CD, disitu akan ditampilkan berbagai paragraf yang memuat kata yang kita cari. UB ini menjadi semacam ensiklopedi.

Oh ya, UB tidak menganjurkan suatu agama baru atau mempromosikan nama agama baru. Tidak ada organisasi agama Urantia. Buku ini bukan buku Kristen. Ini saya ulangi dengan jelas agar tidak menyebabkan yang lain merasa terancam. Buku ini adalah buku pengetahuan, bukan kitab suci, meskipun buku ini datang sudah dalam bentuk tulisan jadi. Buku ini ditulis tahun 1934-1940. Sejarah buku ini bisa Anda baca di http://www.urantia.org
 
Jika ingin membaca buku ini silahkan dilihat dan didownload semua di http://mercy.urantia.org atau situs2 lain yang bisa Anda cari di google.

Untuk memiliki buku ini beli di Amazon.com, Betterworldbooks.com, Alibris.com, atau coba hubungi saya di nugrohowidi2001@gmail.com sebab kadang saya punya stok buku ini, mungkin gratis atau membayar ongkos gantinya.

Salam belajar hal baru

No comments:

Post a Comment